Cara mengatasi Smartphone Android yang cepat panas

Cara mengatasi Smartphone Android yang cepat panas - Ada banyak sekali faktor yang dapat menyebakan smartphone android anda cepat panas, karena saat smartphone anda panas maka kinerja smartphone anda akan menurun. Anda harus mengenali penyebab dan cara mengatasinya agar smartphone anda bisa bekerja optimal.


Penyebab Smartphone Android cepat panas


1. Penggunaan Berlebihan

Kelebihan dari Smartphone Android adalah dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus (multitasking), namun penggunaan seperti itu memberatkan kinerja smartphone anda. Pasalnya ketika anda menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan dalam jangka waktu yang lama akan membuat baterai cepat habis dan beberapa komponen hardware pada smartphone akan selalu bekerja secara terus-menerus tanpa henti, hal ini menyebabkan smartphon anda cepat panas.

2. Aplikasi aktif di Background

Membiar aplikasi berjalan di background merupakan hal yang tidak baik, seperti wallpaper live, perkiraan cuaca, dan lain-lain. ketika aplikasi aktif di background dan aplikasi aktif yang sedang di gunakan maka akan cepat menguras baterai, banyaknya daya baterai yang digunakan tentu akan membuat smartphone android anda cepat panas.

3. Kerusakan pada baterai

Hal lain yang jarang di ketahua yang dapat membuat smartphone android cepat panas adalah ketika ada kerusakan pada baterai. Ketika baterai sudak mengalami gejala kerusakan sebaiknya anda cepat mengggatinya, karena baterai akan cepat habis saat di gunakan dan efektifitas dari sistem android akan terganggu dan akibatnya RAM akan berjalan secara berlebihan.

4. Sinyal tidak stabil

Sinyal yang tidak stabil akan menyebabkan smartphone android anda cepat panas, hal ini ini di sebabkan karena aktifas penakpan sinyal secara terus menerus dan penangkapan sinyal elektromagnetik secara berlebihan. Ini sering terjadi saat anda berpergian ke daerah yang cakupan sinyalnya lemah. Jadi ketika anda berpergian ke suatu temat sebaiknya anda menggunakan kartu operator yang memiliki sinyal yang bagus di daerah yang anda tuju.

5. Pengguanaan di tempat yang panas

Selaku pengguna smartphone android anda haruslah memperatikan lingkungan saat anda menggunakan smartphone anda. Saat menggunakan smartphone sebaiknya hindari tempat yang terkena  terik matahari serta suhu yang panas, selain akan membuat anda tidak nyaman karena kepanasan hal ini juga dapat menyebabkan smartphone android anda cepat panas, hal ini karena smartphone android dapat menyerap suhu ke dalam perangkat, sehingga akan mengganggu kinerja perangkat smartphone android anda.

6. Kebersihan perangkat smartphone android

Tertutupnya rongga oleh debu pada perangkat android dapat menyebabkan panas karena rongga tersebut berfungsi untuk mengeluarkan suhu dalam perangkat android, sebaiknya anda menjaga kebersihan smartphone android anda.

Cara mengatasi Smartphone Android yang cepat panas

1. Cek kondisi baterai

Jika aya baterai sering turun drastis atau smartphone anda mati mendadak itu tandanya baterai smartphone anda sudah mengalami kerusakan, alahkah baiknya anda cepat mengganti baterai dengan baterai yang baru dan original.

2. Periksa aplikasi yang terinstal

Terkadang ada aplikasi yang membuat kinerja CPU bekerja terus-menerus meski sedang tidak digunakan atau ada juga aplikasi yang tidak berjalan normal sebagaimana mestinya. Hal tersebut akan menyebabka kinerja smartphone tidak normal dan akan membuat smartphone panas, maka sebaiknya anda menghapus atau menguninstal aplikasi yang memberatkan kinerja smartphone anda.

3. Gunakan di jaringan yang stabil

Hal in sebenarnya tidak berdampak langsun, namun jika di biarkan dapat menyebabkan suhu panas yang berlebihan. Jika koneksi internet anda sangat lambat sebaiknya anda mematikan data internet terlebih dahulu untuk mencegah peningkatan suhu panas pada android anda. Dan sleanjutnya sebaiknya anda menggunakan provider yang mendukung koneksi yang stabil di daerah anda.

4. Perhatikan kebersihan samrtphone android

Kebersihan ponsel seharusnya di perhatikan dengan baik, pasalnya debu yang menempel pada ponsel bisa menyebabkan tertutup rongga yang berfungsi untuk mengeluarkan suhu pada ponsel. Untuk membersihkan anda bisa menggunakan cotton bud atau biasa disebut pembersih telinga yang berbahan kapas, namun harus diperhatikan bahwa jangan sampai ada kapas dari pembersih terlinga pada ponsel. Anda juga bisa membersihkan ponsel dengan menggunakan tisu bersih dan juga bisa diberi sedikit minyak kayu putih agar debu mudah menempel pada tisu.

5. Jangan gunakan smartphone ketika sedang di charging

Ketikan sedang melakukan pengisian daya baterai sebaiknya ponsel tidak digunakan atau ponsel dimatikan dulu. Jika anda menggunakan ponsel ketika sedang melakukan pengisian daya baterai akan menyebabkan ponsel cepat panas, dan akan membuat kerja baterai meningkat yang menyebabkan baterai cepat rusak sperti misalnya baterai menggelembung atau membesar, bahkan yang lebih parahnya baterai bisa melekan jika terus menerus digunakan ketika sedang mengisi daya.

6. Matikan aplikasi atau koneksi dengan benar

Tutup semua aplikasi dengan benar, baik melalu task manager atau aplikasi pihak ketiga, dan juga matikan koneksi yang tidak diperlukan, seperti, GPS, Wifi, Bluetooth dan koneksi lainnya.

7. Jangan salah menggunakan kabel charger

Penggunaan kabel charge sebaiknya menggunakan kabel charger yang asli. Jika anda sering menggunakan charger KW sebaiknya hentikan, karena kualitas charger jauh lebih rendah dari carger asli

8. Tutup aplikasi yang tidak digunakan

Setelah anda selesai menggunakan aplikasi sebaiknya anda menutupnya agar tidak memakan kinerja RAM. hal ini sering di abaikan oleh para pengguna smartphone android, mereka seringkali hanya meminimize aplikasi setelah menggunakannya.

9. Simpan smartphone android dengan benar

Alangkah baiknya smartphone android jang di letakan di sembarang tempat, simpanlah di tempat yang tidak terpapar sinar matahari, jika terlalu lama terkena sinar matahati maka akan berdampak buruk pada smartpone andoid anda. Juga jangan di simpat di tempat yang lembab, ini beresiko dapat kemasukan air, apalagi jika smartphone anda tidak anti air.

10. Spesifikasi smartphone android yang sesuai kebutuhan

Spesifikasi pada ponsel harus diperhatikan sebab jika anda mengetahui detail ponsel, anda akan mengetahui batasan penggunaan ponsel anda.

11. Istirahatkan ponsel

ini adalah cara termudah untuk dilakukan agar ponsel tidak panas, caranya adalah matikan ponsel dan lepas baterai, tunggu sampai ponsel tidak panas lagi.

ketahanan ponsel adalah tergantung bagaimana cara kita merawatnya, jadi sebaiknya anda merawat baik-baik ponsel anda agar tidak cepat rusak. Itulah sedikit Cara Mengatasi Smartphone Android yang Cepat Panas. terimakasih sudah menyempatkan membaca artikel Smeoga bermanfaat bagi kita semua.
Share artikel ini jika anda menyukainya. Terimakasih.............


EmoticonEmoticon